Rabu, 25 November 2009

I robot dan IMK

I, ROBOT dan HUBUNGANNYA DENGAN IMK
Film I robot di sutradarai oleh Alex Proyas. Film ini menceritakan keadaan Chicago di masa yang akan datang, yaitu sekitar tahun 2035. Dimana, pada saat ini robot sudah merupakan suatu kebutuhan bagi manusia. Robot – robot itu di rancang hampir sempurna. Pada saat itu robot sudah di dapat memahami perintah baik melalui sikap maupun kata-kata. Sehingga semua orang mempercayainya, kecuali 1 orang yaitu Del Spooner. Ia adalah seorang detektif robot.
Pada saat itu terjadi pembunuhan Dr.Lanning seorang ilmuan US Robot(USR) dan dikirimlah Del Spooner untuk menyelidiki kasus pembunuhan itu. Dia mencurigai bahwa yang membunuh Dr. Lanning adalah salah satu robot. Karna dilihat dari kaca tempat Dr. Lanning dibunuh yang tidak mungkin dipecahkan oleh manusia. Dia mencurigai robot yang bernama ‘sunny’ karena dia satu-satunya robot yang berprilaku lain dari yang lain.
Berbeda dari robot sebelumnya, robot yang sedang di kembangkan adalah robot jenis NS-5. robot ini di kendalikan oleh perusahaan supercomputer yang di beri nama VIKI. Viki ini adalah sebuah layar yang mengendalikan semua robot yang ada. Dalam penyelidikannya, Spooner pergi ke suatu tempat yang diceritakan sunny dalam mimpinya. Setelah sampai di tempat itu, Spooner melihat sedang terjadi pertikaian antara robot baru dan lama, dimana robot baru yang dikendalikan viki ingin menghancurkan semua robot lama. Pertikaian dimulai antara manusia dengan robot. Pada saat itu robot-robot sudah mulai tidak dapat dikendalikan dan mulai memusuhi manusia.
Akhirnya, Spooner dan Dr. Calvin seorang robotpshycolog yang telah di nonaktifkan dari NS-5 menyelinap masuk ke USR dengan bantuan sunny. Spooner mempercayai bahwa yang bertanggung jawab atas pemberontakkan semua robot adalah Robertson. Namun, ketika diketahui bahwa Robertson telah meninggal, maka ia menyimpulkan bahwa yang bertanggung jawab atas semuanya adalah Viki. Spooner memerintahkan sunny untuk mengambil cairan yang dapat mematikan system inti viki, dan memasukkannya ke dalam system viki. Semuanya berhasil atas bantuan sunny, satu-satunya robot yang di rancang berbeda dari yang lainnya. Akhirnya, semua robot kembali pada keadaan semula yang ramah terhadap manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar